Welcome  .....  Selamat Datang  .....  Horas  .....  Mejuah-juah  .....  Ya'ahowu  .....  Media Online Masyarakat Sumut  .....  Media - Iklan dan Promosi Provinsi Sumatera Utara  ..... 

Hakim PN Balige Roy Maruli Dipecat

Balige (Media-SMS) Hakim Pengadilan Negeri Balige, Roy Maruli Napitupulu belum dapat memastikan apakah akan melaporkan para saksi pelapor yang juga terlibat memberikan uang Rp 50 juta kepada dirinya terkait putusan kasus pembunuhan.

“Kita lihat saja nanti, belum akan kesitu,” ujar Roy saat ditemui usai sidang di gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (2/12/2010).

Sebelumnya, saksi pelapor yang juga seorang advokat mengaku menyerahkan uang sebesar Rp 50 juta kepada Roy. Uang tersebut diserahkan langsung di kediaman Roy dengan dibungkus kantong plastik hitam.

Saat ditanyakan terkait keluarnya putusan tersebut, Roy mengaku kecewa. Sebab, ia menilainya ketetapan majelis kehormatan hakim itu tidak dilandaskan bukti-bukti yang cukup.

“Kecewa ya pasti ada, karena itu hanya satu pihak,” tandasnya.

Sebelumnya, hakim Pengadilan Negeri Balige Sumatera Utara, Roy M Maruli mendapat rekomendasi sanksi pemecatan lantaran diduga menerima suap sebesar Rp 50 juta terkait perkara pembunuhan dengan terdakwa Sontiar Panjaitan dan David Marpaung.

Roy diduga telah menerima uang untuk bersepakat meringankan hukuman. Namun, dalam putusannya, majelis PN Balige memang tetap menghukum enam tahun untuk Sontiar dan satu tahun untuk David.

Pasalnya, Sontiar dianggap terbukti melakukan pembunuhan yang disaksikan oleh suaminya, David Marpaung.

Namun, terdapat laporan dari pihak terdakwa, yakni Nasib Marpaung dan Krisman Marpaung bahwa benar terjadi kesepakatan penerimaan uang itu. Kesepakatan itu dilakukan dalam sebuah pertemuan di beberapa tempat, seperti ruangan panitera pengganti PN Balige Samson Pardede dan SPBU Balige.

Dalam kesempatan pembelaannya di MKH, Roy membantah menerima suap Rp 50 juta. Hal ini, menurut dia, bisa dilihat dari vonis yang dijatuhkan, dengan tetap menghukum berat.(*tn)

Sebarluaskan:
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Print

Fasilitas Komentar Ditutup.

<<-- MEDAN -- PEKANBARU -- PERAWANG -- BANGKINANG -- KERINCI -- JAMBI -- DUMAI -- SIBOLGA <<--