Welcome  .....  Selamat Datang  .....  Horas  .....  Mejuah-juah  .....  Ya'ahowu  .....  Media Online Masyarakat Sumut  .....  Media - Iklan dan Promosi Provinsi Sumatera Utara  ..... 

Kota Pinang Merupakan Cermin dari Wajah Labuhanbatu Selatan

Kotapinang – Kota pinang yang sekarang tentunya berbeda dengan kota pinang yang dulu.Kota pinang yang sekarang tela menjadi pusat pemerintahan kabupaten labuhanbatu selatan.Secara Fisik suatu ibu kota pemerintahan seyogyanya harus relatif lebih baik dengan kota-kota lainyal.Dalam arti lain sebagai suatu pusat pemerintahan, Kota pinang merupakan cermin dari wajah Labuhanbatu Selatan secara umum.Relatif baiknya suatu kota maka baik pula citra dari kabupaten tersebut, sebaliknya buruknya suatu kota maka buruk pula citra kabupaten tersebut.

Dengan tidak bermaksud diskriminatif dan meniadakan konsep pemerataan pembanguan bahwa tata ruang suatu kota pada pusat pemerintahan yang terlihat apik dan baik akan berimplikasi positif terhadap citra kota dan kabupaten secara umum.

Citra suatu ibukota daerah tertentu efektif menarik Amino Investor yang hendak menanamkan sahamnya di wilayah tersebut, stabilitas kamtibmas memang faktor utama menarik investor, namun sealin itu perlu di pahami geliat pembangunan dan pembenahan tata ruang menjadi penting sebagai usaha mempromosikan potensi daerah ketika kita ingin menghadirkan investor ke daerah kita yang giliranya akan mendongkrak soosial ekonomi melalui pendapatan Asli Daerah.

Kota yang maju tidaklah semata mata di persepsikan identik dengan keramaian, kuantitas gedung gedung, pusat pertemuan antara pembeli dan penjual,terminal serta menjamurnya sektor – sektor perniagaan. Suatu kota akan benar – benar menjadi kota jika adanya kombinasi proporsional antara sisi bisnis, hingar bingarnya kota berbarengan dengan sentuhan estetika yang menambah indahnya suatu kota.

Suatu kota seharusnya mengacu dengan apa yang dinamakan konsep go green atau kota menuju hijau bestari, nyaman dan terlihat apik.Sehingga nantinya dalam kota terdapat keseimbangan harmonisasi antara kawasan komersil dan estetika yang sengaja di desain sedemikian rupa untuk mempercantik wajah kota.

Jika kita melihat fakta di lapangan, perkembangan tata ruang  Kotapinang secara umum sudah cukup ada perubahan ke arah yang lebih baik, hal tersebut dapat kita lihat dengan adanya perbaikan beberapa ruas jalan dengan hotmix.namun perlu menjadi masukan bagi kita bahwa pasca pemekaran masih merangkak berjalan kearah masa depan dan kantor bupati Labusel masih tarap dibangun,

kondisi fisik volume jalan pada inti kota sudah tidak memadai untuk di lalui oleh intensitas kendaraan yang lalu lalang pada saat jam-jam tertentu. Itu sebabnya perlu di buka jalan alternative yang melalui titik guna menghindari kemacetan, dan juga kemacetan tersebut di sebabkan oleh bongkar muat barang dipngiran tokoh, dan pedangang asongan di pingiran jalan.

Selain itu memperindah “wajah” kota keberadaan lampu jalan sangat bermanfaat terhadap pengguna jalan pada malam hari.Operasionalnya perlu di pelihara secara berkesinambungan. Tugu simpang tiga bukit sebagai simbol pemerintah kotapinang kondisinya  membutuhkan sentuhan kreatifitas yang tinggi, bestek dan konstruksi terlihat rapuh sehingga perlu diperbaharui, alangkah indahnya jika air mancur yang menghiasi tugu tersebut dioperasionalkan kembali untuk menambah indahnya kota,

Lapangan MHB pada saat musim penghujan berubah menjadi hamparan lumpur yang berkesan kotor, Becek.Kedepanya lapangan tersebut sebaiknya ditanami dengan rerumputan halus, selain dapat di manfaatkan sebagai tempat upacara untuk memperingati hari-hari besar tertentu, lapangan tersebut juga dapat diberdayakan menjadi sarana pendukung aktivitas olahraga seperti sepak bola.Penanaman pohon pinang di sekeliling lapangan pendopo juga menjadi salah satu usaha untuk menambah keindahan lapangan tersebut.

Kabupaten kita memang baru namun tidak dapat ditawar lagi bahwa kota yang sehat dan maju adalah kota yang tidak hanya berfikir Proit oriented tetapi bagaimana kota tersebut menjadi kota yang aman, nyaman, damai, tertib, teratur dan teduh.adipura adalah program pemerintah pusat untuk pemberian penghargaan kepada kabupaten/kota yang sehat, bersih, hijau teratur.

Kita berharap suatu waktu kita akan meraih penghargaan tersebut.program tersebut hendaknya menjadi motivasi bagi kita untuk membenahi kota kita, kota pinang yang bukan hanya kebanggaan masyarakat kota pinang itu sendiri, tetapi menjadi kebanggaan seluruh masyarakat labuhanbatu selatan.(bsc)

Sebarluaskan:
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Print

Fasilitas Komentar Ditutup.

<<-- MEDAN -- PEKANBARU -- PERAWANG -- BANGKINANG -- KERINCI -- JAMBI -- DUMAI -- SIBOLGA <<--