Welcome  .....  Selamat Datang  .....  Horas  .....  Mejuah-juah  .....  Ya'ahowu  .....  Media Online Masyarakat Sumut  .....  Media - Iklan dan Promosi Provinsi Sumatera Utara  ..... 

DR. Ir. Hj Hidayati, Msi BLH Sumut Siap Tanggapi Pengaduan Masyarakat Paluta

Medan-Dugaan permainan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatera Utara dengan Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT ANJ Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dalam hal Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) ternyata tidak benar.

Saat wartawan datang kekantor BLH Sumut, Jalan Teuku Daud, Medan menanyakan tentang keterlibatan  dugaan tersebut membuat Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara (BLH Provsu) DR Ir Hj Hidayati Msi merasa heran.

Kepada wartawan, Hidayati mengatakan, bahwa dirinya sangat terkejut mendengar tuduhan dari salah satu anggota DPRD Sumut, yang mengatakan bahwasanya pihak BLH Sumut diduga ada permainan dengan PKS PT ANJ di daerah Paluta.

Hidayati mengatakan bahwa  tuduhan tersebut tidak beralasan sama sekali dan sampai saat ini pihak DPRD Sumut belum ada menanyakan atau memanggilnya  perihal kasus ini.

Sehingga Hidayati yang tidak tahu menahu adanya PKS PT ANJ yang membuang limbah kepemukiman penduduk. Kamis (15/3) diruang kerjanya mengatakan bahwa ini adalah wewenang BLH Kabupaten Paluta, namun jika ada pengaduan masyarakat  kita akan turun kesana.

“Apabila Masyarakat mengadukan kasus ini kepada kami, kami akan memverivikasi dan mengevaluasi PT ANJ  dan kami siap untuk itu,” ujar Hidayati.

“Jadi jika PT ANJ yang membuang limbah sembarangan dikatakan ada permainan dengan pihak BLH Sumut. Kan itu suatu tuduhan yang tidak masuk akal saja, “Masak orang yang membuang limbah, kok, katanya kami ada permainan.” Katanya Hidayati.

Namun jika masyarakat Paluta meminta pihak BLH Sumut untuk meninjau lokasi PKS. Ya, kami siap untuk itu. “tapi jangan menuduh pihak BLH Sumut, ada permainan, ucapnya. “Biarlah orang mau berkata apa saja kepada kami, yang jelas kami tidak mengetahui adanya PKS membuang limbah di daerah tersebut.”Lanjut Hidayati.

“Apalagi di Sumut, beratus perusahaan termasuk PKS PT ANJ, mana mungkin terjangkau kami, kan ada BLH di Tingkat II (Kabupaten/Kota), merekalah yang mengurus semua.” Tegasnya.

Lagi pula BLH Sumut bekerja berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) Begitu juga BLH Kabupaten/Kota mereka punya wewenang. “Nah, wewenang BLH Kabupaten/Kota itu adalah, melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap limbah perusahaan yang ada di wilayah mereka,” jelasnya.

Jadi, apa bila memang diperlukan maka BLH Sumut siap memferifikasi pengaduan masyarakat Paluta tersebut.  “saya akan kirimkan Tim penyidik ke daerah dimana perusahaan itu berada.” Kata Hidayati mengakhiri.(*/as)

Sebarluaskan:
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Print

Fasilitas Komentar Ditutup.

<<-- MEDAN -- PEKANBARU -- PERAWANG -- BANGKINANG -- KERINCI -- JAMBI -- DUMAI -- SIBOLGA <<--