Welcome  .....  Selamat Datang  .....  Horas  .....  Mejuah-juah  .....  Ya'ahowu  .....  Media Online Masyarakat Sumut  .....  Media - Iklan dan Promosi Provinsi Sumatera Utara  ..... 

RUPS Luar Biasa Berhentikan Dua Komisaris Independen Bank Sumut

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bank Sumut yang dilaksanakan di Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Rabu (25/1) menyetujui pemberhentian dengan hormat dua komisaris independen PT. Bank Sumut yaitu M Lian Dalimunthe dan Irwan Djanahar. Untuk menggantikan dua jabatan komisaris independen tersebut, RUPS juga menyetujui mengajukan empat nama ke Bank Indonesia untuk dilakukan fit and proper test.

Demikian diungkapkan Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST, selaku pemegang saham pengendali pada konferensi pers usai pelaksanaan RUPS di Ruang Beringin yang dihadiri seluruh pemegang saham PT Bank Sumut, kecuali Kota Binjai.

“RUPS menyetujui dua hal, pertama memberhentikan dengan hormat komisaris independen dan yang kedua RUPS menyetujui sistem dan prosedur penggantian komisaris independen setelah mendapatkan verifikasi tertulis dari Bank Indonesia,” jelas Plt Gubsu.

Plt Gubsu juga menjelaskan kronologis pelaksanaan RUPS Luar Biasa tersebut digelar bermuara dari proses pergantian Direktur Kepatuhan Bank Sumut Manarata Manik yang meninggal dunia. Karena sebagaimana amanat Undang-undang, maksimal enam bulan jabatan tersebut harus diisi sehingga dilakukan RUPS.

“Kami pada waktu itu membuat RUPS yang intinya mengesahkan pemberhentian Direktur Kepatuhan karena wafat dan menyetujui sistem prosedur penggantian Direktur Kepatuhan,”ujar Gatot. Selanjutnya, sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan, Komite Renumerasi dan Nominasi melakukan seleksi pemberkasan calon Direktur Kepatuhan, di mana dari enam calon yang terdaftar, empat di antaranya dianggap layak untuk diajukan ke Dewan Komisaris. Selanjutnya, Dewan Komisaris akan mengusulkan dua atau tiga nama ke pemegang saham pengendali untuk kemudian diteruskan ke BI dalam rangka fit and propper test.

Namun, proses dan mekanisme yang sudah ditetapkan tidak berjalan mulus karena Komite Renumerasi dan Nominasi dan Dewan Komisaris menemui jalan buntu. “Maka, saya sebagai pemegang saham pengendali mengundang dan mengajak rapat ketiga dewan komisaris. Saya ingin sampaikan kenapa tidak ada titik temu mengenai nama yang akan disampaikan kepada kami,” ujar Plt. Gubsu.

Namun, undangan Plt Gubsu tersebut tidak diindahkan kedua komisaris independen dengan berbagai alasan yang sulit diterima. Irwan Djanahar misalnya, dosen USU ini menurut Gatot menolak hadir karena belum ada izin dari rektorat, padahal kapasitasnya bukan sebagai dosen melainkan sebagai komisaris. Demikian pula M Lian Dalimunthe yang juga menolak hadir dengan alasan pertemuan tidak akan mendapatkan titik temu.

Plt Gubsu menambahkan, bahkan pada 7 januari 2012, Bank Indonesia juga memanggil Dewan Komisaris untuk diberikan direktif dan arahan serta diminta mencabut proses yang sudah dilakukan. “Namun hal itu tidak juga dilakukan oleh komisaris independen. Artinya lembaga tertinggi yang punya otoritas perbankan saja tidak diindahkan, makanya kami membuat RUPS Luar Biasa ini,” kata Plt Gubsu.

Dengan pemberhentian kedua komisaris independen tersebut, RUPS Luar Biasa telah memilih nama penganti para komisaris independen untuk menjalani fit and proper test oleh Bank Indonesia. Dengan terpilihnya komisaris independen nantinya, maka proses pemilihan Direktur Kepatuhan segera dapat dilanjutkan.

Ke dua puluh enam pemegang Saham yang hadir dalam RUPS tersebut adalah Pemerintah Provinsi Sumut, Tapanuli Selatan, Tebing Tinggi, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Asahan, Medan, Dairi, Nias, Sibolga, Mandailing Natal, Serdang Bedagai, Samosir, Tanjung Balai, Labuhan Batu, Simalungun, Pematang Siantar, Langkat, Humbang Hasundutan, Karo, Tobas, Pakpak Bharat, Nias Selatan, dan Deli Serdang.

Dirut Bank Sumut Gus Irawan Pasaribu tersebut ketika dimintai keterangan terkait RUPS luar biasa tersebut enggan berkomentar. “Kita sama-sama berada di luar RUPS,” ujarnya sambil tersenyum kepada wartawan.(eee)

Sebarluaskan:
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Print

Fasilitas Komentar Ditutup.

<<-- MEDAN -- PEKANBARU -- PERAWANG -- BANGKINANG -- KERINCI -- JAMBI -- DUMAI -- SIBOLGA <<--