Welcome  .....  Selamat Datang  .....  Horas  .....  Mejuah-juah  .....  Ya'ahowu  .....  Media Online Masyarakat Sumut  .....  Media - Iklan dan Promosi Provinsi Sumatera Utara  ..... 

Wali Kota Didor, Bersih-bersih Korupsi

Moskow (sms) Malang nian nasib wali kota yang satu ini. Menurut para penyidik, petinggi sebuah kota kecil dekat Moskow, Rusia, ini ditembak kemarin dalam satu peristiwa yang tampaknya kasus pembunuh bayaran tak lama setelah dia menayangkan tuduhan skandal korupsi terhadap para pejabat lokal dan beberapa pengusaha.

Menurut situs Komite Investigatif Rusia, Yevgeny Dushko, Wali Kota Sergiyev Psad, ditembak dua kali hingga mati saat meninggalkan rumahnya untuk berkantor pada Senin pagi waktu setempat. Dia baru menjabat mulai April lalu.

“Pembunuhan itu dapat dikaitkan dengan pekerjaan formal dia dan kewirausahaan sebelumnya. Cara kriminal yang dilakukan juga menunjukkan dugaan hasil dari aksi pembunuh bayaran,” kata komite itu, yang merupakan sebuah badan penegak hukum independen kepolisian.

Sergiyev Posad adalah kota bersejarah berpenduduk 100 ribu jiwa dan berjarak 50 kilometer utara Ibu Kota Moskow. Kota kecil ini salah satu pusat biara Ortodoks terbesar di Rusia dan kota tujuan wisata populer. Pemerintah daerah merilis pernyataan bahwa Dushko tengah berusaha membersihkan sektor jasa komunal setempat.

Laporan-laporan media memuat Dushko telah membeberkan di sebuah televisi lokal, sebulan sebelumnya, bahwa beberapa pejabat lokal dan pengusaha melakukan korupsi. Sebuah video di YouTube menunjukkan dia memarahi beberapa orang atas apa yang disebut praktek-praktek korupsi.

Mereka yang dituduh Dushko membantah semua tudingan dan salah satunya menyatakan tudingan itu sebuah “kebohongan murni yang ditujukan kepada orang yang kurang informasi”.

Transparency International menempatkan Rusia sebagai salah satu negara yang ekonominya dibelit korupsi akut. Peringkatnya ke-154 dari 178 dalam indeks persepsi korupsi tahun lalu. Presiden Rusia Dmitry Medvedev baru-baru ini mengakui korupsi kadung merajalela.REUTERS

Sebarluaskan:
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Print

Fasilitas Komentar Ditutup.

<<-- MEDAN -- PEKANBARU -- PERAWANG -- BANGKINANG -- KERINCI -- JAMBI -- DUMAI -- SIBOLGA <<--