Welcome  .....  Selamat Datang  .....  Horas  .....  Mejuah-juah  .....  Ya'ahowu  .....  Media Online Masyarakat Sumut  .....  Media - Iklan dan Promosi Provinsi Sumatera Utara  ..... 

Kejatisu : PU Binjai Diduga Korupsi Rp. 3,4 M

MEDAN-Dari hasil penyelidikan, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu)ditemukan dugaan korupsi dalam pengerjaan proyek di Dinas PU Kota Binjai sebsar Rp. 3,4 miliar.  Ini sesuai fakta ketebalan aspal yang dikerjakan tidak sesuai kontrak, sehingga dari audit BPK ditemukan kerugian negara Rp3,4 miliar tersebut.  Disebutkan, proyek pengaspalan jalan bersumber dari APBD tahun 2007-2008 terdiri dari 14 paket.Sementara itu disebutkan Kejatisu menaikkan status dugaan korupsi di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Binjai dan Kabupaten Simalungun dari tingkat penyelidikan ke tingkat penyidikan. Selain itu, Kejatisu telah mengantongi sejumlah nama yang akan dijadikan tersangka. “Dalam penangangan kasus kedua ini, kini telah naik di tingkat penyidik pidsus dan kita telah mengantongi tersangkanya,” kata Kasipenkum Kejatisu Edi Irsan Tarigan Jumat (22/10).

Dalam kasus dugaan korupsi proyek pengaspalan jalan di PU Kota Binjai telah diperiksa 50 orang saksi yang di dalamnya terdiri dari PPTK, PPK, Pengawas dan kontraktor. “Saat ini tim penyidik sedang memeriksa ahli dari BPK perwakilan Sumut,” ungkapnya. Dari hasil penyelidikan, kata Edi Irsan, ditemukan fakta ketebalan aspal yang dikerjakan tidak sesuai kontrak, sehingga dari audit BPK ditemukan kerugian negara Rp3,4 miliar.  Disebutkan, proyek pengaspalan jalan bersumber dari APBD tahun 2007-2008 terdiri dari 14 paket.

Sementara di Dinas PU Simalungun, Edi Irsan menambahkan, dugaan korupsi yang ditemukan terkait pengerjaan pembangunan peningkatan jalan bersumber dari Dana Penguatan Desentralisasi Fiskal (DPDF) Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2009.

Proyek peningkatan jalan ini terdiri dari proyek pembangunan jalan perkantoran Pemkab Simalungun di Kecamatan Raya senilai Rp4,9 miliar, pembangunan jalan jurusan Dusun Pengkolan-Emplasmen daerah Tijaoan nilai pagu Rp4,5 miliar dan Pembangunan Jalan jurusan simpang Pasar Baru, Dusun Pengkolan Kecamatan Bosar Maligas. “Dari hasil penyelidikan itu disepakati penyelidikan ditingkatkan ke tahap penyidikan pidsus,” katanya.***

Sebarluaskan:
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Print

Fasilitas Komentar Ditutup.

<<-- MEDAN -- PEKANBARU -- PERAWANG -- BANGKINANG -- KERINCI -- JAMBI -- DUMAI -- SIBOLGA <<--