Welcome  .....  Selamat Datang  .....  Horas  .....  Mejuah-juah  .....  Ya'ahowu  .....  Media Online Masyarakat Sumut  .....  Media - Iklan dan Promosi Provinsi Sumatera Utara  ..... 

Sekda Medan yang Baru Mampu Bangun Komitmen Bersama

Medan (Media-SMS) Untuk melaksanakan visi dan misi Pemko Medan, Walikota Drs H Rahudman Harahap, MM berharap agar Sekda Medan yang baru dilantik, Ir H Syaiful Bahri Lubis, MM melakukan koordinasi yang solid.

Di sinilah diharap peranan Sekda untuk mampu membangun komitmen bersama di jajaran Pemerintah Kota Medan, agar mampu bekerja dengan semangat, pengabdian dan disiplin yang tinggi, disertai tanggung jawab penuh,’ tutur Walikota seusai melantik Ir Syaiful Bahri Lubis, MM menggantikan Drs HM Fitriyus SH MSP di Balaikota, Jumat (14/01). Syaiful Bahri sebelumnya menjabat Kepala Bappeda Medan.

Walikota menjelaskan, sesuai visi dan misi tersebut ada enam fokus pembangunan Kota Medan kedepan yaitu pembenahan program pendidikan, perbaikan infrastruktur, pembenahan program dan pelayanan kesehatan, peningkatan pelayanan administrasi publik,  peningkatan disiplin Pegawai Negeri Sipil, dan pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran.

Pelantikan ini dihadiri para unsur Muspida Kota Medan, para ulama, ketua dan pengurus TP PKK Kota Medan dan para pimpinan SKPD jajaran Pemko Medan. Bertindak sebagai saksi Drs H Asrin Naim, Asisten Administrasi Umum dan Pemerintahan Pemprovsu serta Suherman MSP Kepala Kepegawaian Daerah Pemrovsu.

Walikota menjelaskan, Sekretaris Daerah mempunyai kedudukan, tugas, fungsi dan kewenangan yang sangat strategis dalam rangkaian kegiatan pemerintahan, yang diatur dalam Undang-undang nomor 32/2004, yaitu Sekda adalah membantu kepala daerah menyususun kebijakan dan pengkoordinasian SKPD dan lembaga teknis serta menjadi pembina PNS, selain itu juga Sekda merupakan ketua tim anggaran dalam organisasi pemerintahan.

Dikatakannya, peran, fungsi serta tanggung jawab Sekda menjadi lebih penting karena juga harus menata serta memacu kinerja para SKPD agar mampu menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik guna mewujudkan pelayanan public yang lebih prima, oleh karena itu sekda merupakan koordinator penyusunan program dan kebijakan serta pembinan administrasi dan aparatur pemerintahan daerah.

Menurutnya, Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga saat ini sedang ditata menjadi kota Metropolitan yang berdaya saing, nyaman peduli dan sejahtera, menjadikan peran sekda menjadi lebih sentral yaitu untuk memacu aparatur pemerintahan Kota Medan dalam meningkatkan kinerja guna memberikan pelayanan bagi bagi penduduk Kota Medan lebih kurang 2,5 jura jiwa yang tersebar di 21 kecamatan dan 151 kelurahan.

“ Peran sekda menjadi lebih sentral apa lagi penduduk Kota Medan yang multi etnis, suku dan agama, tentunya memerlukan suatu kerangka pelayanan public dengan konsep yang lebih komprehensip, adil dan merata, untuk itulah saya minta kepada sekda yang baru dapat lebih tajam menjabarkan kebijakan pemerintaha Kota Medan dalam memacu visi dan misi pembangunan,“ ujar Rahduman.

Dalam kesempatan itu Walikota Medan meminta kepada Sekda yang baru dapat memotivasi seluruh jajaran pemerintah Kota Medan untuk meningkatkan kamampuan dan tugas, kapasitasnya, sehingga setiap tugas yang dipercayakan dapat dilaksanakan secara tuntas, berkualitas dan akuntabel, berdayakan semua staf mulai eselon tertinggi sampai terendah jangan ada pegawai yang tidak mendapat tugas sesuai tufoksinya dan kapasitas, tumbuhkan rasa memiliki dan rasa bertanggung jawab bagi seluruh aparatur pemerintahan Kota Medan. (*r)

Sebarluaskan:
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Print

Fasilitas Komentar Ditutup.

<<-- MEDAN -- PEKANBARU -- PERAWANG -- BANGKINANG -- KERINCI -- JAMBI -- DUMAI -- SIBOLGA <<--