Welcome  .....  Selamat Datang  .....  Horas  .....  Mejuah-juah  .....  Ya'ahowu  .....  Media Online Masyarakat Sumut  .....  Media - Iklan dan Promosi Provinsi Sumatera Utara  ..... 

Berita Termasuk Dalam Kategori Sibolga



Sibolga, Deliserdang Dan Langkat Raih Adipura

Media-sms.com – Bupati Deliserdang Drs H Amri Tambunan dan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, menerima piala Adipura dari Presiden RI DR H (lagi…)

Pelindo Sibolga Dukung Pengembangan Industri Pariwisata

Sibolga (Media-SMS) PT Pelindo I (Pesero) cabang Sibolga, siap mendukung pengembangan industri pariwisata, dengan memberikan layanan jasa kepelabuhanan yang optimal, bagi masuknya wisatawan ke daerah tersebut.

“Kami sudah memiliki fasilitas sandar kapal memadai berkedalaman tujuh meter, layak disinggahi  kapal besar seukuran KM Lawit yang panjangnya tidak berbeda dengan jenis kapal turis lainnya,” ujar Manajer PT Pelindo I Cabang Sibolga, Sihar Sihite di Sibolga, Sumatra Utara, Kamis [24/03] .

Ia mengatakan, saat ini yang menjadi pelabuhan tujuan wisata di Sumatra Utara hanya Belawan dan Sibolga. Tapi, waktu singgah (port stay) kapal pembawa turis di kedua daerah tersebut sangat singkat, karena hanya sekitar enam jam.

Padahal, lanjut Sihar, turis yang turun di pelabuhan Belawan objek tujuan wisatanya, umumnya ke daerah Lingga di Tanah Karo dengan waktu tempuh perjalanan lebih enam jam pulang dan pergi. Dengan demikian, katanya, pelabuhan sandar Belawan hampir kurang tepat.

“Dari sisi kepelabuhanan, Sibolga cukup ideal karena jaraknya tidak terlampau jauh ke sejumlah objek wisata di daerah Barus, Tapanuli Tengah, seperti makam Syech Maulana serta berbagai situs menarik lainnya,” kata Sihar.

Dikatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkot Sibolga dan sejumlah pemangku kepentingan lain, agar memberikan perhatian lebih serius terhadap percepatan pembangunan, khususnya menyangkut pembenahan infrastruktur di wilayah itu.

Sihar mengaku, kondisi infrastruktur berupa sarana transportasi darat yang kurang memadai akan menjadi kendala bagi kelancaran industri pariwisata ke daerah tersebut.

Selain itu, rencana masuknya peti kemas dalam waktu dekat ke pelabuhan dimaksud, belum didukung lebar jalan yang pantas serta jembatan yang memadai ke arah Batangtoru.

Ia menyebutkan, pengangkutan peti kemas tersebut nantinya akan menggunakan jalan berlawanan arah. Sebab, jika melintasi jalur reguler, akan mendapat hambatan akibat kondisi jalan yang sempit serta mengganggu aktivitas pengguna jalan raya lainnya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pemkot Sibolga. Selanjutnya, kami juga akan membicarakannya dengan pemerintah kabupaten lain yang berdekatan, guna pengajuan usul pembenahan infrastruktur kepada Pempropsu,” kata Sihar.

Segera Beroperasi

Manajemen PT Pelindo telah mempersiapkan pelabuhan peti kemas Sibolga, Sumatra Utara untuk melayani jasa pelabuhan kapal, khususnya angkutan bahan pertambangan dari wilayah tersebut.

“Bulan April mendatang, diperkirakan peti kemas pertama akan masuk ke Tapanuli, melalui pantai barat pulau Sumatra ini,” kata Menejer PT Pelindo I (Persero) Cabang Sibolga, Sihar Sihite di Sibolga, Kamis.

Ia menjelaskan secara teknis, semua persiapan telah rampung dan sudah tidak ada masalah lagi. Baik kesiapan lapangan penumpukan peti kemas, gudang penyimpanan, peralatan bongkar muat untuk peti kemas serta forklift pengangkut peti kemas dari kapal ke dermaga.

Menurutnya, semua peralatan tersebut sudah mereka miliki dan dipersiapkan sesuai standar, sehingga mampu meyakinkan perusahaan yang akan bermitra untuk menggunakan jasa kepelabuhanan tersebut.

“Selama ini, kita hanya melayani jasa pengangkutan kapal dari pelabuhan Sibolga ke Gungungsitoli serta memenuhi kebutuhan pengangkutan semen dan beras untuk daerah Tapanauli secara rutin,” ujar Sihar.

Namun hal itu saja tidak cukup, sebab daerah tersebut memiliki “interland” maupun hasil tambang menjanjikan, seperti nikel, emas dan uranium di daerah Batangtoru, yang saat ini dikelola PT HR Martabe.

Dikatakan, untuk pengapalan bahan konstruksi keperluan PT Martabe, dilakukan dari pelabuhan Sibolga. Jasa pengapalan lainnya, difokuskan bagi pertambangan batu bara kebutuhan PLTU Labuhan Angin, yang secara korporasi telah ditetapkan untuk dilayani pelabuhan Sibolga.

“Dalam waktu dekat, PT Meratus Lines juga akan menggunakan pelabuhan ini. Kami sudah meyakinkan pihak mereka, melalui masuknya kapal besar seukuran KM Lawit yang panjangnya tidak berbeda dengan jenis kapal turis yang pernah singgah di sini,” sebutnya.

Sihar mengaku, kondisi infrastruktur mungkin akan menjadi kendala masuknya peti kemas ke daerah tersebut. Seperti, lebar jalan yang tidak memadai serta jembatan sempit arah ke Batangtoru.

Untuk itu, pihak Pemerintah daerah dan kabupaten kota berdekatan harus dapat duduk bersama guna mencarikan solusi terbaik, agar percepatan pembangunan bisa terlaksana serta dinikmati masyarakat masing-masing daerah tersebut secara optimal. (ant/*bscm)

Lowongan

.

Media-SMS.com

Membuka Penerimaan

Wartawan/ti Freelance

Daerah Sumatera Utara:

Binjai  -  TebingTinggi  -  P.Siantar

T.Balai  -  Sibolga  -  P.Sidempuan

Provinsi:

NAD, SUMBAR, RIAU, JAMBI

BENGKULU, SUMSEL, JAKARTA

BANDUNG, YOGYAKARTA, SURABAYA

Informasi Hubungi :

Redaksi: (061) 76221744    –    Hp: 0812 76274767

Email: redaksi@media-sms.com

.

<<-- MEDAN -- PEKANBARU -- PERAWANG -- BANGKINANG -- KERINCI -- JAMBI -- DUMAI -- SIBOLGA <<--